Thursday, May 15, 2008

STOP GLOBAL WARMING!

Isu kenaikan BBM sudah bukan asing lagi bagi kita... (Ya gak???)

BBM naik.. Kok bingung...
Kenapa gak coba untuk mengirit energi saja. Misalnya:
- Jika kita biasanya banyak menggunakan mobil pribadi kesana-kemari jarak dekat atau jauh, cobalah untu membiasakan menggunakan angkutan umum. Atau klo emang deket ya jalan kakilah, itung-itung olahraga.
- Jika kita biasa masak dengan kompor minyak. Kenapa gak coba pake kompor gas? Takut bahaya? Kalau tau cara ngegunainnya dan merawatnya insyaAllah gak papa kok. Dirumah seumur hidup saya sampe sekarang masih adem ayem menggunakan kompor gas. Klo memeang gak mau ya kembali aja ke jaman baheula, pake kayu bakar atau peke batu (tapi susah sih nyari kayu bakar, secara hutan Indonesia udah ludes).

Saya pernah mendengar presiden kita berkata bahwa rakyat Indonesia masih boros dalam penggunaan energi. Yaiyalah...
Pergi deket pake mobil, panas dikit pake AC, lampu 24 jam padahal langit terang benderang, TV 24 jam padahal udah pada tidur, dan masih banyak lagi..

Trus apa hubungannya boros energi dengan Global Warming...
Ya ada dong..
Boros energi menyebabkan global warming. Contoh, polusi dari memakai kendaraan bermotor yang beremisi jelek(menghasilkan gas CO) dapat merusak lapisan ozon.
Nah untuk itu kurangilah pemakaian energi.
Klo mang lampu gak dipake, ya... matikan dong
Pergi deket, bisa jalan kaki atau naek sepeda..
Panas udaranya, bisa pake kipas angin atau blower yang lebih irit dari AC dan tidak menghasilkan gas berbahaya bagi ozon.

Dan yang paling penting adalah cobalah untuk sayangi tanaman. Jangan maen asal tebang, cabut. Karena ternyata jika pohon di dunia itu banya maka global warming tidak akan terjadi. Untuk saat ini karena pohon sudah sangat sedikit, tanamlah pohon, niscaya udara disekelilingi akan sejuk dan nyaman. Janganlupa untuk menyerukan dan memberitahu ke yang lain untuk selalu waspada terhadap global warming dengan berhemat energi dan menanam pohon.

Keep smile...

No comments: