Sunday, March 1, 2009

Tugas mind map

Aslm...
Apa Kabar dunia....
Tetep asik khan?

Udah lebih dari 2 bulan nih tidak menulis di blog. Kenapa ya? Klo alesannya karena kebanyakan tugas, kayaknya gak punya alesan lain ya? Tapi emang itu kenyataannya. Dua bulan penuh dengan tugas dan ujian... Oke sekarang gak mau bahas tentang keluhan fi yang udah lalu. Pengen ngebahas mind map, yang sebenernya merupakan hal baru bagi fi, karena ada tugas (tetep ya harus dipaksa dulu)

Apa sih yang dimaksud mind map?

Klo dibahasa indonesia-in mind map itu berarti pemetaan pikiran. Sebenernya gak da versi baku yang mengartikan mind map. Mind map itu merupakan salah satu metode pembelajaran yang memudahkan kita karena kita di latih untuk melihat secara keseluruhan suatu masalah... Dari sumber lain mengatakan klo mind map itu :
  • Mind Map adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut.
  • Mind Map mengembangkan cara pikir divergen, berpikir kreatif.
  • Mind Map adalah alat berpikir organisasional yang sangat hebat. Mind Map dapat diistilahkan sebagai “Pisau Tentara Swiss Otak.”
  • Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan.
(www.mind-mapping.co.uk)


Jadi dengan mind map kita dapat melihat masalah secara keseluruhan sehingga dapat membantu memecahkan masalah. Mind map mudah dipelajari... Kenapa? Karena mind map lebih menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dan dipahami dengan tulisan yang tidak terlalu banyak. Mind map biasanya tidak hanya berisi tulisan, tetapi ditambahkan berbagai gambar sebagai ilustrasi dari sub pokok bahasan sehingga lebih mudah diingat.

Cara membuat mind map cukup mudah.... Banyak juga tulisan di blog lain, di portal lain yang membahas tentang mind map. yang saya sampaikan sekarang, hanya yang saya mengerti:
1. Mulailah dari tengah kertas...
2. Tulislah pokok bahasan/masalah yang akan dibahas, biasanya berupa judul bahasan atau tema bahasan.
3. Gunakan simbol/ilustrasi untuk ide utama.
4. Lebih menarik bila digunakan berbagai warna.
5. Buatlah cabang utama yang menghubungkan sub pokok bahasan dengan pokok bahasan. (seperti sberbagai cabang dalam sebuah pohon, cabang itu berupa sub pokok bahasan, dan pohonnya berupa pokok bahasan).
6. Jadi salah satu sub pokok bahasan sebagai pokok bahasan, maka ulangi langkah 4 samapi tidak ada lagi sub pokok bahasan (ranting akhir). Lanjutkan sampai seluruh pokok bahasan sudah memiliki ranting-ranting paling kecil (sub bahasan akhir).
7. Pokok bahasan atau sub pokok bahasan biasanya hanya terdiri dari beberapa kata (tidak membentuk kalimat) atau hanya satu kata.

Contoh-contoh mind map:
(ini saya ambil dari berbagai gambar yang saya searching di google)




6 comments:

Anonymous said...

pas SMA sering banget pake mindmapping.. Terutama pas pelajaran biologi... :D

elm said...

terima kasih ya, btw gambarnya ribet amat :D

ridwanf said...

tes doank


http://ridwanf06.student.ipb.ac.id

Anonymous said...

mampir yap ke sini

Anonymous said...

Mind Map ?
Toni Busan ?

hmmm ini konsep yang bagus
Pasti akan berguna kelak di pekerjaan ...

percaya sama saya
(lho ?)
hehehe

Salam saya

(v_v) said...

maaf gambarnya ribet... tu contoh aja, saya ambil dari google... Klo yang biasa saya buat, g dimasukin karena g pny scanner euy, jadi ngambil contoh dari google aja..