Sunday, November 23, 2008

Compaq Presario V3906 TU

Alhamdulillah fi udah punya laptop sendiri. Klo dulu fi sering pake laptop keluarga untuk belajar, sekarang udah gak perlu mengganggu yang lain untuk belajar, ngerjain tugas, coding.

Laptop fi yang baru merknya Compaq Presario V3906 TU dengan spesifikasi:
- RAM 512 MB + 1 GB, Intel Dual Core
- HDD 120 GB, SATA
- Wireless, Webcam, LAN
- dan spesifikasi minimum lainnya yang dimiliki laptop lain. (gak begitu hafal).

Punya laptop baru berarti punya tanggung jawab baru. Mulai dari tanggung jawab untuk menjaganya samapi tanggung jawab mau dipakai apa aja ni laptop, yang jelas harus bsa mendukung untuk media pembelajaran di Ilkom.

Awal beli laptop ini tadinya pengen install Operasting System Windows sendiri. Dibelilah CD Windows lisensi IPB. Dicoba dirumah ternyata gak bisa. Akhirnya nannya-nanya ke temen, ternyata untuk menginstall Windows butuh driver HDD untuk jenis SATA yang didimpan satu dalam sebuah CD. Wow... Berarti percuma donk fi bli CDnya....
Besoknya fi langsung bawa ke kampus untuk diinstallin pake CD temen.... Alhamdulillah proses berjalan lancar. Apa yang sudah dibeli fi juga berguna, hanya untuk lisensinya aja.
Tapi masalah gak selesai sampai disini. Beberapa temen bilang klo laptop jenis Compaq, beberapa driver yang ada di dalam CD tidak compatible dengan driver yang ada didalam laptop. Kepanikan sedikit terjadi,. Dengan membaca bismillah, fi coba satu persatu install drivernya, dimulai dari install chipset, microsoft u1a (bener gak ya namanya ini?), sampai dengan modem. Alhamdulillah tak terjadi masalah. Sempet terjadi masalah pada saat menginstall modem, tapi bisa ditanggulangi dengan mengistall HD Audionya terlebih dahulu.. Alhamdulillah lancar, dan bisa dipakai semua.
Ternyata eh ternya, permasalahan yang sering terjadi pada penginstallan driver pada laptop compaq biasanya bukan karena kesalahan dari CD diver yang kurang compatible tapi dari kita sendiri yang tidak tahu trik-trik/cara-caranya. Biasanya kita menginstall hanya dengan mengklik dua kali pada setup.exe-nya lalu melakukan next-next... dan finish. Ada beberapa driver yang tidak bisa diinstal dengan cara seperti itu. Ada cara-caranya tersendiri, biasanya terdapat di readme.txt yang terdapat di CDnya. Klo tidak ada mungkin post berikutnya, klo fi sempet fi akan berikan cara-caranya seperti apa. Doakan saja. He...He...

1 comment:

haryantoblog said...

Selamat ya udah punya laptop, wah kapan ya aku punya laptop